Monday, July 27, 2009

Ahmadinejad Pecat Kepala Intelijen

Senin, 27 Juli 2009 10:21 WIB

Menteri Intelijen Iran Gholam Hossein Mohseni--AFP
TEHERAN-MI: Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad memecat Menteri (Kepala) Intelijen Gholam Hossein Mohseni Ejeie, Minggu (26/7), sehari setelah Presiden dipaksa kelompok konservatif untuk memecat Wapres I Esfandiar Rahim Mashaie.

Wartawan BBC dari Teheran, Senin (27/7), melaporkan, tidak ada alasan yang diberikan oleh Kantor Presiden terkait dengan pemecatan itu.

Presiden Ahmadinejad akan mengumumkan susunan kabinet baru setelah dilantik untuk periode kedua pada 5 Agustus mendatang.

Tensi politik di Teheran meningkat akhir-akhir ini pascapemilihan presiden bulan lalu, yang digugat kandidat yang kalah. Terakhir, Ahmadinejad ditekan kelompok konservatif, termasuk Pemimpin Tertinggi Ayatullah Ali Khamenei karena telah menunjuk Rahim Mashaie sebagai wapres I.

Mashaie yang juga besan Ahmadinejad itu tidak diterima kalangan konservatif karena pernyataan-pernyataannya tahun lalu bahwa Iran dan Israel adalah sahabat.

Setelah membatalkan penunjukan Mashaie sebagai wapres I, Ahmadinejad dilaporkan mengangkat besannya itu sebagai kepala staf Kantor Presiden, jabatan setingkat menteri. Hal ini diperkirakan juga akan menimbulkan resistensi dari kalangan konservatif. (BBC/OL-7)

Comments :

0 komentar to “Ahmadinejad Pecat Kepala Intelijen”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST