Saturday, June 6, 2009

Obama Kunjungi Buchenwald

06 Juni 2009 10:15 WIB

BUCHENWALD--MI: Presiden AS Barack Obama, Jumat (5/6) mengunjungi bekas kamp konsentrasi Nazi di Bunchenwald. Obama menjadi presiden AS pertama yang mengunjungi kamp yang dijadikan tempat pembantaian kaum Yahudi oleh Nazi.

Dalam kunjungan ke Bunchenwald, Obama didampingi peraih Nobel Elie Wiesel, yang lolos dari kematian saat dijebloskan ke kamp konsentrasi serta Kanselir Jerman Angela Merkel. Obama mendengarkan dengan seksama penjelasan Wiesel mengenai hidup di kamp tersebut dan meletakkan karangan bunga berwarna putih di tempat itu guna mengenang lebih dari 56.000 korban sebelum mengunjungi krematorium dan barak di kamp tersebut. Wiesel dibebaskan dari kamp Buchenwald pada April 1945 oleh tentara AS yang meliputi kakek-paman buyut Obama, Charlie Payne.

Payne, yang kini berusia 84 tahun dan tubuhnya sudah lemah, memutuskan untuk tidak menyertai Presiden AS tersebut ke Buchenwald, tapi dijadwalkan bergabung dengan Obama pada upacara peringatan ke-65 pendaratan D-Day di Normandy, Prancis, Sabtu. Obama mengeluarkan kata-kata tajam selama kunjungan itu kepada mereka yang membantah pembantaian enam juta orang Yahudi oleh Nazi, tanpa menyebut Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, yang pada Selasa mencap Holocaust sebagai penipuan besar.

"Sampai hari ini, ada orang yang berkeras bahwa Holocaust tak pernah terjadi, suatu bantahan fakta dan kebenaran yang tanpa dasar dan dungu dan penuh kebencian. Tempat ini adalah bantahan utama semua pendapat itu pengingat akan kewajiban kita untuk menghadapi mereka yang mengatakan kebohongan mengenai sejarah kita," katanya. (Ant/OL-06)

Referensi Media Indonesia

Comments :

0 komentar to “Obama Kunjungi Buchenwald”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST