Sunday, May 10, 2009

Demokrat-PDI Perjuangan Berkoalisi, Pemilihan Presiden Diperkirakan Satu Putaran Demokrat-PDI Perjuangan Pemilihan Presiden Diperkirakan Satu Putaran

Senin, 11 Mei 2009 | 09:25 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Pengamat politik dari Universitas Indonesia Arbi Sanit memperkirakan dengan PDI Perjuangan berkoalisi dengan kubu Partai Demokrat pemilihan presiden/wakil presiden hanya berlangsung satu putaran. "Dengan hanya dua calon, maka pemilihan pilpres hanya satu putaran ," kata Arbi Sanit saat dihubungi Tempo, Senin(11/5).

Menurut dia, dengan rekonsiliasi PDI Perjuangan dan Demokrat, hanya Jusuf Kalla-Wiranto dan Susilo Bambang Yudhoyono yang akan akan maju dalam pemilihan mendatang. Arbi Sanit mengatakan Prabowo Subianto dapat mencalonkan diri menjadi calon presiden dengan mengandeng partai kecil. "Tapi peluangnya tipis," ujarnya.

Dia mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan PDI Perjuangan mau rekonsiliasi dengan Demokrat. Faktor pertama PDI Perjuangan harus masuk pemerintahan. "Sudah cukup menjadi oposisi selama lima tahun," ujarnya. Dirinya mendengar Demokrat menawarkan jabatan Wakil Presiden, tujuh menteri, dan ketua MPR bagi PDI Perjuangan bila mau berkoalisi.

Menurut Arbi Sanit, koalisi Megawati dan Prabowo juga dinilai tak mampu bersaing dengan Yudhoyono dalam pemilihan mendatang. Dengan kesempatan menang kecil ini, Arbi Sanit menilai langkah PDI Perjuangan berkoalisi dengan Demokrat sudah tepat. Meski menjadi oposisi pemerintahan Yudhoyono, Arbi Sanit mengingatkan dalam politik tidak ada musuh dan teman yang abadi.

Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan partainya tengah menjalin komunikasi intensif dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. "Saya menghormati Ibu Megawati. Komunikasi memang berjalan dan saya pikir Demokrat cukup terbuka untuk bersama-sama membangun bangsa," kata Yudhoyono dalam acara syukuran kemenangan Partai Demokrat di rumahnya, Puri Cikeas, Bogor, tadi malam.

Arbi Sanit mengatakan koalisi Demokrat-PDI Perjuangan tak akan membuat bubar koalisi Demokrat dengan partai lainnya. "Mereka tak punya pilihan," ujarnya. Koalisi itu justru akan membuat bubar koalisi besar yang dibangun PDI Perjuangan dengan Partai Golkar, Hanura, dan Gerindra.

SUTARTO

Reference Tempo Interaktif

Comments :

0 komentar to “Demokrat-PDI Perjuangan Berkoalisi, Pemilihan Presiden Diperkirakan Satu Putaran Demokrat-PDI Perjuangan Pemilihan Presiden Diperkirakan Satu Putaran”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST