Tuesday, May 12, 2009

113 Warga Sipil Tewas di Mogadishu

By Republika Newsroom
Rabu, 13 Mei 2009 pukul 05:33:00

MOGADISHU -- Ribuan warga Selasa melarikan diri dari Mogadishu utara yang dihantam-bom, tempat pertempuran terburuk dalam beberapa bulan antara gerilyawan Islam dan pasukan pemerintah yang telah menewaskan 113 warga sipil, menurut kelompok hak asasi manusia.

Kelompok gerilyawan Islam garis keras al Shabaab dan pemerintah bertempur untuk menguasai ibukota dan Somalia selatan, tempat 18 tahun perang telah membuat tidak stabil wilayah itu, menciptakan ratusan ribu pengungsi, menarik masuk tentara dan gerilyawan asing, serta menimbulkan gelombang perompakan di lepas pantai yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Organisasi Perdamaian dan Hak Asasi Manusia Elman mengatakan pertempuran antara al Shabaab dan pasukan pro-pemerintah telah melukai 330 orang di negara Tanduk Afrika itu sejak akhir pekan lalu.

Organisasi itu mengatakan sedikitnya 27.000 warga sipil telah melarikan diri dari kota Mogadishu.

Pertumpahan darah itu telah menyebabkan perselisihan pada oposisi setelah seorang komandan perang veteran menyalakan persaingan antara dua kelompok gerilyawan.

Sheikh Yusuf Mohamed Siam, juga dikenal sebagai "Inda`ade" atau "mata putih", menyerahkan kendali ratusan pejuangnya dan 19 kereta tempurnya -- trek pick-up yang dipasangi senjata berat -- kepada Sheikh Hassan Dahir Aweys, pemimpin senior oposisi lainnya.

Hal itu membuat marah para pemimpin al Shabaab, yang juga memerangi pemerintah baru negara itu yang rapuh. Washington menuduh kelompok Aweys dan Shabaab memiliki hubungan dengan al Qaida.

"Shabaab ingin memenggal Sheikh Yusuf," kata seorang keluarga Inda`ade, Aden Hussein. "Mereka telah memerintahkan (Aweys) untuk menyerahkan dirinya dan senjatanya, tapi Aweys mengatakan ia lebih suka memerangi Shabaab."

Aweys yang berpengaruh adalah anggota Hizbul Islam, kelompok induk yang mencakup Aliasni untuk Pembebasan Kembali Somalia.

Ladang Minyak

Yang dipertaruhkan di Somalia adalah kekuasaan atas garis pantai terbesar Afrika. Sebagian dari hasil uang tebusan perompak, sumber pendapatan penting Somalia datang dari ekspor ternak ke Teluk, meskipun beberapa pakar mengatakan negara itu mungkin memiliki ladang minyak yang menarik di bagian utara negara itu.

Negara-negara regional dan kekuatan regional telah lama memperebutkan pengaruh di Somalia, dengan pandangannya ke jalur perkapalan strategis yang menghubungan Eropa dengan Asia.

Sejak 1991, Somalia telah menderita karena konflik internal dan kadang-kadang intervensi oleh negara-negara regional setelah diktator Mohamed Siad Barre digulingkan.

Pada Minggu, al Shabaab, yang namanya berarti "pemuda" dalam bahasa Arab, mengatakan mereka merencanakan untuk "membersihkan ibukota".

"Dengan izin Allah, kami akan membebaskan Mogadishu akhirnya dan membersihkannya dari orang-orang kotor itu," katanya dalam satu pernyataan yang disiarkan di Internet.

Pada Senin, presiden baru Somalia Sheikh Sharif Ahmed menuduh gerilyawan itu bekerja untuk pemerintah asing yang ia katakan telah bertekad untuk mengganggu pemerintahnya.

Lebih dari 16.000 warga sipil telah tewas akibat pertempuran sejak awal 2007, lebih dari 1 juta orang telah diusir dari rumah mereka dan sekitar 3 juta orang hidup bergantung pada bantuan pangan.-ant/reuters/ahi

Referensi Republika Newsroom

Comments :

0 komentar to “113 Warga Sipil Tewas di Mogadishu”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST