Sunday, September 6, 2009

Hindari Pertempuran di Pakistan, Ribuan Warga Eksodus

Senin, 7 September 2009

PESHAWAR, Ribuan penduduk sipil melarikan diri wilayah etnik Khyber, Pakistan barat laut. Wilayah tersebut dijadikan sasaran operasi militer yang menewaskan lebih 33 tersangka militan Minggu (6/9).

Pakistan telah ditekan AS dalam operasi penumpasan militan yang bersembunyi di sepanjang perbatasan negara ini dengan Afganistan. Operasi penumpasan itu ditujukan terutama di wilayah tak bertuan yang diduga menjadi lokasi persembunyian dari gembong al Qaeda Osama bin Laden.

AS yakin militan menggunakan wilayah tak bertuan di Pakistan itu untuk menggencarkan serangan ke pasukan Barat dari perbatasan di Afganistan itu. Khyber menjadi wilayah yang mengundang keprihatinan tersendiri setelah militan kerap menggencarkan serangan ke Khyber Pass, rute utama bagi pengiriman suplai logistik ke pasukan AS di Afganistan.

Wilayah ini dinyatakan tertutup bagi wartawan sehingga sulit bagi pekerja media untuk memverifikasi informasi secara independen. Farooq Khan, seorang pejabat pemerintah di Khyber, menjelaskan, ribuan keluarga telah melarikan diri dari Khyber sejak diberlakukan kelonggaran jam malam Jumat pekan lalu. Farooq Khan menjelaskan pasukan keamanan "mengintai" militan yang kemungkinan berbaur dengan kerumunan massa yang eksodus.

Sumber: Kompas

Comments :

0 komentar to “Hindari Pertempuran di Pakistan, Ribuan Warga Eksodus”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST