Sunday, June 7, 2009

SBY Sindir Tokoh Yang Mudah Menyalahkan

Senin, 8 Juni 2009 - 12:57 wib
Amirul Hasan - Okezone

BOYOLALI - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sepertinya hendak menyindir perilaku tokoh-tokoh bangsa yang sangat mudah menyalahkan orang lain dan sulit memberikan apresiasi atas keberhasilan orang lain, serta mudah mengklaim keberhasilan bersama.

Sindiran ini dia sampaikan seusai memberikan penghargaan kepada belasan gubernur dan ratusan bupati/walikota yang berjasa dalam peningkatan produksi beras nasional di Asrama Haji Donohudan, Jalan Embarkasih Boyolali Jawa Tengah, Senin (8/6/2009).

"Kita suka lupa untuk mengucapkan terima kasih, kita ini suka pelit memberikan penghargaan kepada mereka yang berprestasi. Kita mudah ingat untuk menyalahkan orang lain, kita tidak susah untuk mengatakan itu jelek, itu kurang bagus dan sebagainya," ujar SBY disambut tepuk tangan peserta yang hadir.

SBY mengimbau untuk bersikap adil kepada siapapun. Bagi yang salah hendaknya ditegur dan bagi yang berprestasi wajib untuk diberi penghargaan.

SBY mencontohkan, ketika dia masih kanak-kanak yang hobi bermain dan menonton pertandingan sepak bola antarkampung di daerahnya. Ketika bola berhasil dimasukkan ke gawang, semuanya mengklaim atas keberhasilan itu. "Itu karena operan saya, kalau tidak saya yang nendang tidak akan masuk. Semuanya merasa dia yang membuat bolanya masuk," kata SBY.

Sebaliknya jika bola tersebut keluar lapangan, maka semua akan saling menyalahkan. "Kamu sih kurang cepat, kamu kurang lambung menendangnya," tukas SBY, kembali disambut riuh.

Mestinya, kata SBY, ketika bola itu berhasil masuk semuanya akan merasa itu buah dari keberhasilan bersama, dan ketika gagal juga mereka akan berusaha memperbaiki bersama.

Sebagaimana diketahui, Presiden SBY hari ini melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah dan Jawa Timur selama tiga hari. Di Boyolali, SBY membuka Jambore Sekolah Lapangan Pengelolaan Sumber Daya Tanaman Terpadu (SL PTT) Departemen Pertanian. Sekira lima ribu peserta jambore menghadiri acara ini, mereka adalah para petani dan penyuluh pertanian. (lsi)

Referensi Oke zone

Comments :

0 komentar to “SBY Sindir Tokoh Yang Mudah Menyalahkan”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST