Wednesday, June 3, 2009

Prita Hanya Jadi Korban UU ITE

Rabu, 03 Juni 2009 17:15 WIB

DEPOK--MI: Pelaksana Tugas (Plt) Staf Ahli Menteri Bidang Hukum, Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo), Edmon Makarim, menilai Prita Mulyasari (32) hanya menjadi korban dari Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

"Seharusnya, Rumah sakit Omini Internasional melakukan peningkatan pelayanan, bukan memperkarakan kasus pencemaran nama baik," katanya dalam seminar 'Child Pornografi' di Balai Sidang UI, Depok, Rabu (3/6).

Ia mengatakan kasus yang sama juga terjadi di Amerika Serikat, dan penanganan kasusnya sangat bertolak belakang dengan Rumah Sakit Omni Internasional.

Ketika itu, seorang profesor di Universitas Michigan, Jeff Ravis menulis surat terbuka ke Michell Dell, Pendiri Dell Computer. Isi surat terbuka tersebut adalah keluhan pelayanan purna jual yang mengecewakannya.

Pihak Dell, katanya, tidak memperkarakan Jeff, tapi justru merekrut belasan orang untuk menangani keluhan tersebut.

"Seharusnya, hal itu bisa menjadi contoh, untuk memberikan layanan yang baik bagi konsumen," katanya.

Sementara itu, kriminolog UI, Kisnu Widagdo, mengatakan yang terjadi pada Prita akibat adanya ketidakberesan pada undang-undang, baik KUHP maupun UU ITE.

"Pasal 310 dan 311 tentang pencemaran nama baik merupakan pasal karet dan memang perlu mendapat revisi," katanya.

Menurut dia, UU ITE seharunya dapat memfasilitasi korban transaksi elektronik seperti yang terjadi pada Prita. Ia juga merasa heran dengan kasus tersebut, karena apa yang dilakukan Prita hanya curhat (curahan hati) kepada orang lain, lalu orang itu menyebarkan email "curhat" itu, kenapa orang yang "curhat" harus ditangkap.

"Jadi harus ada aturan yang jelas antara pengirim surat elektronik dan penerimanya, sehingga ada integritas yang jelas," katanya. Untuk menangani kasus tersebut, kata Kisnu, perlu ada mediasi antara kedua belah pihak, sehingga ada jalan keluar yang baik bagi semua pihak.(Ant/OL-06)

Referensi Media Indonesia

Comments :

0 komentar to “Prita Hanya Jadi Korban UU ITE”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST