Saturday, June 6, 2009

Parade Nusantara Bantah Dukung Salah Satu Calon Presiden

Sabtu, 06 Juni 2009 | 11:30 WIB

TEMPO Interaktif, Surakarta: Kongres I Persatuan Rakyat Desa (Parade Nusantara) di Surakarta yang akan berlangsung 8-9 Juni ini rencananya akan dihadiri oleh ribuan perangkat desa se-Indonesia. Pembukaan kongres yang dilakukan di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta tersebut akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang juga mencalonkan diri sebagai presiden periode 2009-2014.

Meskipun melakukan unjuk kekuatan, Parade Nusantara menegaskan tidak ada upaya dukung-mendukung terhadap salah satu pasangan calon presiden dalam kegiatan pembukaan kongres tersebut.

Demikian dikatakan oleh Ketua Presidium Pesatuan Rakyat Desa, Dimyati Dahlan ketika ditemui. “Kami mengundang Presiden Yudhoyono dalam kapasitasnya sebagai presiden,” katanya. Mengenai mobilisasi massa yang akan dilakukan, menurut Dimyati hal tersebut memang sudah kerapkali dilakukan oleh Parade Nusantara. “Beberapa kali kita demo di DPR RI juga diikuti oleh puluhan ribu massa perangkat desa,” katanya.

Dirinya menjelaskan, jika pihaknya memang mengundang Yudhoyono untuk memberikan dukungan, maka kegiatan tersebut tidak mungkin dilakukan di Surakarta. “Di Jawa Timur jelas lebih aman, karena merupakan basis Yudhoyono,” kata Dimyati. Dipilihnya Kota Surakarta berdasarkan banyaknya fasilitas yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan kongres tersebut.

Hanya saja dirinya tidak menampik bahwa ada kemungkinan dalam kongres tersebut akan ada pembicaraan mengenai dukungan terhadap salah satu pasangan calon presiden. “Bisa jadi hal ini kita tawarkan kepada peserta kongres,” kata Dimyati. Jika hal tersebut memang terjadi, pihaknya juga tidak dapat memprediksi kepada siapa dukukan akan diberikan. “Semua kita serahkan kepada peserta kongres,” kata Dimyati.

Sedangkan menurut Koordinator Media Centre Kongres I Parade Nusantara, Yuli Syaban mengatakan bahwa kemungkinan ribuan perangkat desa tersebut akan memasuki Kota Surakarta sejak Senin pagi (8/6). “Sehingga titik-titik pintu masuk Kota Surakarta mungkin akan sedikit macet,” kata Yuli Syaban.

Dirinya menambahkan, selain presiden akan ada beberapa menteri yang akan ikut menghadiri kongres tersebut, diantaranya Menteri Dalam Negeri Mardiyanto, Menteri Pertanian Anton Aproyantono, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Lukman Edy dan beberapa menteri lainnya.

AHMAD RAFIQ

Referensi Tempo Interaktif

Comments :

0 komentar to “Parade Nusantara Bantah Dukung Salah Satu Calon Presiden”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST