Wednesday, June 3, 2009

Mendagri Aussie ke RI Bahas Isu Perbatasan

Rabu, 3 Juni 2009 - 16:02 wib
Nurfajri Budi Nugroho - Okezone

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Australia Bob Debus akan menjelaskan langkah-langkah peningkatan perlindungan perbatasan oleh Pemerintah Australia kepada Pemerintah Indonesia.

Penjelasan akan disampaikan saat Debus memimpin delegasi pejabat senior Pemerintah Australia ke Jakarta hari ini, Rabu (3/6/2009). Anggota-anggota delegasi tingkat tinggi, termasuk Penasihat Keamanan Nasional Duncan Lewis dan Duta Besar Penyelundupan Manusia Michael Potts akan bertemu Menkum HAM Andi Mattalatta serta para menteri Indonesia lainnya selama kunjungan pada 3-4 Juni.

Debus berujar, fokus kunjungan tersebut adalah untuk menyampaikan kepada Pemerintah Indonesia mengenai bagaimana dana tambahan 654 juta dolar Australia dalam anggaran belanja 2009-2010 akan digunakan untuk memerangi penyelundupan manusia dan menstabilkan penduduk yang tercerabut di kawasan.

"Peningkatan langkah-langkah keamanan perbatasan akan memungkinkan kami untuk mengidentifikasi penyelundup manusia, mencegah upaya penyelundupan manusia, dan melakukan penuntutan terhadap penyelundup manusia. Pada saat yang sama, kami akan berupaya menstabilkan penduduk yang tercerabut dan mengurangi insentif orang untuk melibatkan para kriminal yang memanfaatkan kerentanan mereka," ujar Debus melalui keterangan tertulis yang diterima okezone.

Dalam pandangan Debus, hubungan yang kukuh antara Australia dan Indonesia sangat penting pada manajemen efektif migrasi tidak teratur di kawasan. Dia juga berterima kasih kepada Indonesia atas kerja sama mengekstradisi tersangka penyelundup manusia Hadi Ahmadi.

"Kedatangan perahu akhir-akhir ini ke Australia dan negara-negara lain di kawasan kita memperlihatkan bahwa kita tidak kebal terhadap konflik dan ketidakamanan yang mendorong migrasi global ini. Penyelundup manusia tetap aktif dan siap untuk mengambil keuntungan dari orang-orang yang tercerabut dan rentan."

"Bantuan Pemerintah Indonesia yang terus menerus dalam kasus Ahmadi memperlihatkan kita berdua bertekad untuk memerangi penyelundup manusia. Kerja sama bilateral memperlihatkan kekukuhan Traktrat Lombok dan kerja sama yang lebih luas Proses Bali."(jri)

Referensi Oke zone

Comments :

0 komentar to “Mendagri Aussie ke RI Bahas Isu Perbatasan”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST