Sunday, May 10, 2009

Studi Gen Manusia Afrika

By Republika Newsroom
Sabtu, 02 Mei 2009 pukul 05:45:00

Sekelompok ilmuwan mengatakan mereka telah mengungkapkan temuan yang mereka katakan sebagai kajian paling komprehensif tentang gen manusia Afrika.

Hasil kajian yang dilakukan selama sepuluh tahun ini, menurut para peneliti akan memberikan cara pandang baru dalam melihat kemunculan manusia.

Menurut kajian mereka, manusia pertama kemungkinan berevolusi di daerah sekitar perbatasan Afrika Selatan dan Namibia sebelum bermigrasi ke Utara.

Kajian yang diterbitkan dalam US journal Science ini bertujuan memberi pemahaman kepada masyarakat Afrika seputar sejarah populasi di benua tersebut dan membantu penelitian seputar kenapa beberapa jenis penyakit menyerang kelompok masyarakat tertentu.

Ilmuwan yang bekerja dalam penelitian ini memeriksa materi gen dari 121 orang Afrika, 4 Afrika-Amerika dan 60 non-Afrika

Keuntungan Afrika

Hasil penelitian ini akan melengkapi apa yang disebut sebagai "pengetahuan yang dalam tentang tingkatan dan pola keragaman gen di Afrika, sebuah kawasan yang belum terwakili dalam kajian tentang gen manusia", kata Sarah Tiskoff, seorang ahli gen dari Universitas Pennsylvania.

Manusia pertama kemungkinan besar berevolusi di dekat perbatasan Afrika Selatan dengan Namibia dan kemudian bermigrasi ke utara keluar dari benua itu melalui Laut Merah.

Peneliti telah mengindentifikasi 14 kluster populasi berdasarkan leluhur mereka, "yang berhubungan dengan entitas, budaya dan atau perangkat bahasa,"kata para peneliti itu.

Mereka menemukan percampuran antar keturunan yang cukup tinggi diantara populasi yang mereka teliti, temuan ini serupa dengan keragaman yang mereka temukan di wilayah lain.

Kajian ini juga mengamati populasi Afrika-Amerika, mereka menemukan hampir tiga perempatnya mempunyai leluhur yang berasal dari kawasan Afrika Barat.

Gambaran ini akan membantu para ahli untuk memahami kenapa beberapa penyakit tertentu punya dampak secara khusus kepada populasi Afrika Amerika.

Dr Tishkoff mengatakan tujuan penelitian ini adalah untuk "memberi keuntungan bagi orang Afrika, baik untuk mempelajari lebih jauh tentang sejarah populasi Afrika dan juga langkah awal untuk mengembangkan kajian gen di masa datang, termasuk kajian gen dan faktor resiko lingkungan untuk pengobatan". - bbc/ahi

Referensi Republika Newsroom

Comments :

0 komentar to “Studi Gen Manusia Afrika”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST