Tuesday, May 5, 2009

Karzai Hadiri KTT Antiteror

Monday, 04 May 2009

KABUL (SI) – Presiden Afghanistan Hamid Karzai kemarin bertolak ke Washington untuk bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.

Selain itu, Karzai akan bertemu Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dalam rangka menyatukan persepsi dalam memerangi ancaman teroris di wilayah mereka. Karzai terbang ke Washington di dampingi menteri luar negeri dan pertahanan setelah mendaftarkan diri pada pemilu presiden Agustus mendatang. Dia akan bertemu dengan Obama dan Zardari, Rabu (besok).

Dalam keterangan resmi Kantor Kepresidenan Afghanistan di Washington, Karzai akan bertemu Ketua House of Representatives (DPR) Nancy Pelosi. Dia akan menyampaikan pidato di Brookings Institution dengan tema ”Cara Efektif dalam Memerangi Terorisme.” Obama memang memberikan perhatian penuh terhadap Taliban dan Al-Qaeda yang berjibaku di Pakistan dan Afghanistan.Dia pun menjanjikan pengerahan pasukan dan bantuan untuk mengeliminasi ancaman internasional tersebut.

Presiden kulit hitam pertama AS juga mengutamakan kerja sama lebih erat dengan Afghanistan dan Pakistan untuk memerangi para pengacau. Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton baru-baru ini mengungkapkan, pemerintahan AS bernegosiasi dengan delegasi Afghanistan dan Pakistan mengenai strategi baru di kawasan itu. Format perundingan segitiga akan membantu perubahan pola pikir dari masing-masing pihak. Sementara itu, baik Pakistan dan Taliban saling menyalahkan atas meningkatnya ketegangan yang mengancam perjanjian damai keduanya.

Tentara Pakistan menuduh gerilyawan di Swat melakukan perampasan,menyerang infrastruktur, dan membunuh seorang tentara. Sebaliknya,Taliban mengatakan militan akan memulai patroli di kota utama Swat. Tak hanya itu, gerilyawan Taliban juga mengabaikan jam malam yang diberlakukan pemerintah di distrik Swat Pakistan. (AFP/Rtr/andika hm)

Referensi Koran Sindo

Comments :

0 komentar to “Karzai Hadiri KTT Antiteror”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST