Wednesday, May 13, 2009

Demokrasi Indonesia Masih Bayi

Kamis, 14 Mei 2009 | 01:30 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Reformasi yang telah berjalan menuju 11 tahun, menurut budayawan Goenawan Muhammad, masih bayi untuk menjadi Demokrasi dan bukan oligarki. "Dibandingkan Perancis, kita masih bayi," ungkap Goenawan Mohammad dalam peluncuran Buku Demokrasi dan Kekecewaan di Komunitas Salihara, Jakarta, Rabu Malam(13/5)

Berbicara demokrasi, katanya, tanpa melibatkan minoritas tertindas sama saja tak memeliharanya. "Demokrasi harus sensitif melihat yang lain," urai Goenawan. Ia memisalkan partai Islam yang mengusung demokrasi tapi melibaskan aliran sempalan, bisa dianggap tak layak menyandang demokrasi sebagai ideologinya. Komitmen dalam demokrasi, Goenawan melanjutkan, adalah perjuangan tanpa merusak yang sudah ada.

Pengajar Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara A. Setyo Wibowo mengingatkan demokrasi di Indonesia kini tak lebih dari oligarki (beberapa orang yang berkuasa). Reformasi yang berjalan, lanjutnya adalah oligarki semisal dinasti Gus Dur, Dinasti SBY, bahkan sekelompok orang pemilik badan-badan survei.

"Kaum ini selalu "mengajari" kita mengenai demokrasi," jelas Setyo Wibowo, "dan persis itu yang harus dilawan." Perlawanan ini dengan dalih kesetaraan semua orang. Semua orang, wajib mengkritisi kebijakan yang dibuat, ujar Wibowo.

Arianto A. Patunru dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia menyarankan untuk percaya saja demokrasi yang masih bayi ini. "Biarkan demokrasi bergerak," harapnya. Asalkan pergerakannya tidak terlalu liar.

Tapi sayangnya,kata Arianto, masih jarang masyarakat yang percaya pada demokrasi tanpa menjadi fanatik. Ia mengingatkan, akibat kepercayaan yang berlebihan, maka kalau gagal, akan timbul kekecewaan besar.

DIANING SARI

Reference Tempo Interaktif

Comments :

0 komentar to “Demokrasi Indonesia Masih Bayi”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST