Sunday, May 10, 2009

Bom Mortir Hantam Masjid, 14 Orang Tewas

Senin, 11 Mei 2009 | 07:17 WIB

MODGADISHU, KOMPAS.com — Sebuah bom mortir menghantam masjid di Mogadishu, ibu kota Somalia, Minggu (10/5), menewaskan sedikitnya 14 orang.

Dengan demikian, jumlah korban tewas dalam kekerasan beberapa hari terakhir ini antara kelompok Muslim garis keras dan pasukan pemerintah menjadi 39 orang. "Bom mortir menghantam pintu gerbang masjid itu. Saya menghitung sekitar 14 orang yang tewas seketika dan 10 orang lain terluka," kata Hassan Abdifatah, saksi mata yang melaksanakan shalat di masjid di Mogadishu selatan itu kepada AFP.

Sejumlah saksi lain mengonfirmasi serangan itu. "Saya sedang berada di dalam masjid ketika mendengar ledakan besar dan serpihan peluru berhamburan di mana-mana, menewaskan banyak orang," kata Mumin Haji Yusuf, yang juga sedang melaksanakan shalat di masjid itu.

Pertempuran meletus pada Kamis, tapi keesokan harinya suasanan tenang. Sabtu kemarin suasanan memanas lagi ketika kedua pihak bertempur untuk berusaha menguasai posisi-posisi utama di ibu kota yang dilanda perang itu.

Gerilyawan mengatakan, mereka telah menguasai daerah-daerah yang diperebutkan di Mogadishu selatan, namun pemerintah membantah klaim itu. "Kami telah menguasai daerah-daerah yang kami perebutkan," kata Sheikh Ali Mahmoud, pejabat kelompok gerilyawan yang bertanggung jawab atas Mogadishu, kepada wartawan.

Mahmoud mengklaim pihaknya menguasai stadion Mogadishu, gedung kementerian pertahanan dan sebuah jalan penting yang semuanya berada di bagian selatan kota pesisir itu. Namun, pada jumpa pers Menteri Penerangan Farhan Mohamoud mengatakan, gerilyawan "tidak merebut posisi apa pun dari pasukan pemerintah".

Somalia dilanda pergolakan kekuasaan dan anarkisme sejak panglima-panglima perang menggulingkan diktator militer Mohamed Siad Barre pada 1991. Penculikan, kekerasan mematikan, dan perompakan melanda negara tersebut.

ONO
Sumber : ANT,AP


Referensi Kompas

Comments :

0 komentar to “Bom Mortir Hantam Masjid, 14 Orang Tewas”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST