Saturday, July 11, 2009

Obama : Saya Memiliki Darah Afrika

Sabtu, 11 Juli 2009 | 21:22 WIB

ACRRA, KOMPAS.com-Presiden AS Barack Obama berusaha membangkitkan semangat bangsa-bangsa Afrika dengan menyebut dirinya juga memiliki darah Afrika ketika berpidato di depan para anggota parlemen Ghana, Sabtu (11/7).

"Sebagai presiden Amerika yang berdarah Afrika, saya bangga dengan benua ini. Kekuatan tirani dan korupsi harus dienyahkan jika Afrika ingin memenuhi janji. Ya, Anda bisa," kata Obama merujuk pada slogannya selama kampanye dalam kunjungan pertamanya di Afrika.

Ia pun menyerukan kepada bangsa-bangsa Afrika untuk memanfaatkan peluang demi tercapainya perdamaian, demokrasi dan kemakmuran.

"Tidak ada negara akan menciptakan kemakmuran jika para pemimpinnya mengeksploitasi ekonomi untuk memperkaya mereka sendiri, atau polisi dapat dibeli oleh penjual obat-obatan terlarang. Tidak ada pengusaha ingin berinvestasi di sebuah tempat di mana pemerintahannya meminta jatah 20 persen atau Otoritas Kepabean-nya korupsi," kata Obama yang berayahkan orang Kenya.

"Tidak ada orang ingin tinggal di sebuah masyarakat di mana hukumnya dapat disuap. Ini bukan demokrasi, itu tirani dan kini saatnya mengakhiri. Afrika tidak memerlukan orang kuat, mereka memerlukan institusi kuat," katanya.

Kunjungan Obama selama 21 jam di negara Afrika Barat itu dimaksudkan untuk mengkampanyekan tradisi demokrasi. Kunjungan pertamanya di Afrika itu disebut sebagai "reuni spiritual" oleh para anggota parlemen Ghana.

Comments :

0 komentar to “Obama : Saya Memiliki Darah Afrika”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST