Friday, July 17, 2009

Diperketat, Soekarno Hatta Macet Total

Jumat, 17 Juli 2009 19:31 WIB
Penulis : Sumantri

JAKARTA-MI: Untuk meningkatkan keamanan di Bandara Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II selaku pengelola, meningkatkan status kemananannya dari siaga hijau menjadi siaga kuning. Pasalnya Kondisi keamanan Bandara itu saat ini juga tidak lepas dari incaran teroris.

"Kami tingkatkan status hijau (biasa) menjadi kuning (rawan) karena Bandara Internasional ini juga menjadi incaran teroris," kata Kepala Bidang Pelayanan Keselamatan dan Keamanan Penerbangan BSH, Iskandar HS terkait soal keamanan di bandara pasca bom di Jakarta, di Tangerang, Banten.

Adapun beberapa titik keamanan yang perlu ditingkatkan yaitu pintu-pintu masuk menuju bandara seperti Pintu MI di Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang yang merupakan akses menuju bandara dari Tangerang, Banten dan Pintu Tol Sediatmo yang merupakan akses dari Jakarta.

"Di Pintu-pintu masuk ini kami menambah jumlah personil dari empat orang (dua polisi dan dua petugas kemananan bandara), menjadi 10 orang tim gabungan dari Polri, TNI dan Scurity," kata dia.

Selain mengenakan seragam lengkap, tambah Iskandar, petugas keamanan itu juga dibekali alat deteksi untuk melakukan pemeriksaan kepada setiap angkutan yang melintas di sana. "Untuk kendaraan box, selain diperiksa dengan alat deteksi, petugas juga akan membuka box itu, hingga kendaraan yang mau masuk ke BSH benar-benar aman," kata Iskandar.

"Untuk situasi seperti ini, kami menurunkan sebanyak 1200 personil keamanan gabungan." kata dia.

Jumlah tersebut, lanjutnya, belum termasuk kekuatan kodim Tangerang yang telah menyiapkan pasukan sebanyak satu batalyon, yang siap datang setiap saat bila dibutuhkan.

Senada pula kata Kepala Administrator Bandara Soekarno-Hatta, Edward Silooy yang menambahkan jumlah keamanan di BSH ditingkatkan dengan tujuan untuk memperketat dan menambah kewaspadaan, khususnya di pintu-pintu masuk bandara.

Sedangkan mengenai penerbangan, Edward mengaku sampai saat ini (pukul 18.00 Wib) kondisi penerbangan di BSH masih normal. "Sampai saat ini belum ada eksodus dan jadwal penerbangan masih normal," papar dia.

Berdasarkan pantauan di lapangan, akibat peningkatan keamanan di Pintu MI, arus lalu lintas di Jalan Suryadarma, khususnya dari arah Tangerang menunju bandara macet total hingga mencapai radius dua kilometer. Itu terjadi, karena setiap angkutan yang masuk ke Pintu MI diperiksa dengan ketat. (SM/OL-7)

Comments :

0 komentar to “Diperketat, Soekarno Hatta Macet Total”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST