Wednesday, May 13, 2009

Rusia Nilai AS Ancaman Keamanan Global

Rabu, 13 Mei 2009 21:17 WIB

MOSKOW--MI: Rusia menilai Amerika Serikat dan NATO sebagai ancaman besar pada keamanan global dan kemungkinan besar militernya sendiri. Hal itu terungkap dalam sebuah dokumen keamanan baru yang diungkapkan Kremlin, Rabu (13/5).

Dokumen, yang menguraikan strategi keamanan nasional Rusia sampai tahun 2020, mencerminkan kekhawatiran dari musuh-musuh Perang Dingin tetapi juga mengatakan Moskow akan tetap menerapkan kebijakan luar negeri yang rasional dan pragmatis dan menghindari perlombaan senjata baru. Dokumen 13 halaman itu disiarkan muncul di laman Kremlin sehari setelah disetujui Presiden Dmitry Medvedev dan setelah pembahasan selama berbulan-bulan di kalangan para pejabat penting Rusia.

"Ketakstabilan arsitektur global dan regional, orientasi, khususnya di kawasan Eropa-Atlantik hanya ke arah NATO, ... adalah satu ancaman yang meningkat dalam menjamin keamanan internasional," kata dokumen itu.

Dokumen tersebut menegaskan tidak dapat diterima perluasan NATO dengan memasukkan negara-negara yang berbatasan dengan Rusia, agaknya mengacu pada Georgia dan Ukraina, bekas republik-republik Sovyet yang berusaha bergabung dengan aliansi itu.

Dokumen itu juga mengecam satu rencana AS untuk menggelar unsur-unsur dari perisai rudal global di Eropa Timur, yang telah membuat marah Rusia. "Kesempatan untuk menegakkan keamanan global dan regional akan menyempit jika unsur-unsur sistem pertahanan peluru kendali global AS digelar di Eropa," kata dokumen itu.

Strategi keamanan itu tidak menyebut AS dalam satu daftar ancaman militer langsung terhadap Rusia. Ancaman-ancaman pada keamanan militer adalah: kebijakan dari satu aturan negara-negara asing terkemuka yang bertujuan memperoleh supremasi besar dalam ruang lingkup militer, terutama sekali kekuatan muklir strategis," kata dokumen itu. (Ant/OL-06)

Rusia Nilai AS Ancaman Keamanan Global

Comments :

0 komentar to “Rusia Nilai AS Ancaman Keamanan Global”

Post a Comment

Site INFO

News & Media Blogs - BlogCatalog Blog DirectoryGoogle PageRank Checking tool
Blog Directory

LINK EXCHANGE

banner

BLOGROLL

 

Copyright © 2009 by SAMBAS POST